Training Kepemimpinan efektif di Hotel Ciputra – Jakarta barat

Training kepemimpinan efektif dengan metoda NLP (Neuro Linguistic Programming) dan waking Hypnosis untuk mengakselerasi proses perubahan, pembelajaran dan pemberdayaan, hubungi 08111913355, 081514894676.

Training kepemimpinan untuk menjawab tantangan dan perilaku kepemimpinan dimasa depan, atau melatih menjadi pemimpin yang sesuai dengan konteks tantangan yang dihadapi oleh perusahaan, bukan hanya sekedar mengambil modul kepemimpinan yang generik yang berlaku sama bagi semua perusahaan yang ujungnya hanya menjadi pengetahuan bukan ditampilkan dalam bentuk perilaku kepemimpinan dalam kerja sehari-hari.

Mengapa banyak upaya mencetak pemimpin yang di harapkan perusahaan gagal dalam prakteknya, banyak data menarik yang mengulas masalah ini, dengan memahami penyebabnya diharapkan dapat dibuat program training kepemimpinan yang efektif.

center-for-creative-leadership

Sajian data menarik di ungkap dari Center for Creative Leadership, dikatakan bahwa hampir 40 % pemimpin mengalami kegagalan di 18 bulan pertama masa kepemimpinannya, solusi mencari leaders dengan merecruit dari luar organisasi ternyata juga tidak selalu membuahkan hasil, studi dari Ciampa dan Watkins menunjukan bahwa probabilitas kegagalan leaders dari luar organisasi dua kali lebih besar daripada promosi internal.

Fakta ini menarik, karena bila dikaitkan dengan studi lainnya bahwa upaya mencetak leaders dari internal perusahaan melalui program pengembangan dan pelatihan kepemimpinan juga tidak sepenuhnya membawa hasil, artinya dari kebutuhan posisi kepemimpinan hanya dapat dipenuhi sekitar 2 % saja, artinya bila dibutuhkan 10 posisi maka hanya ada 2 yang fit dengan kebutuhan, kalaupun merekrut dari luar organisasi untuk memenuhi kebutuhan itu juga bukan solusi terbaik.

Perusahaan besar dengan program suksesi kepemimpinan pun ternyata menyisakan banyak persoalan, proyeksi perkembangan organisasi dalam 3-4 tahun kedepan hanya mampu di isi 75% pemimpin secara internal, artinya program pengembangan kepemimpinan secara internal tidak mampu memenuhi kebutuhan, dan bila dipaksakan tentu memiliki risiko terutama utnuk leaders diposisi puncak, sehingga yang terjadi adalah gemuk dibawah dan kurang leader yang berkualitas diposisi puncak akibatnya hanya sedikit yang berhasil mencapai target bisnisnya.

Tantangan kepemimpinan seperti hasil riset diatas juga kami alami dalam berbagai konsultasi di perusahaan besar, dengan kata lain masalah kepemimpinan menjadi tantangan bagi sebagian besar perusahaan dalam upaya menjaga kesinambungan bisnis dimasa depan, bagaimana menyikapi hal ini ?

Apakah yang menyebabkan banyak program training kepemimpinan atau program lainnya untuk mencetak leader gagal di tengah perjalanan? sajian fakta dibawah ini sangat menarik dan memberi inspirasi :

training-kepemimpinan

Penyebab kegagalan dalam pembentukan kepemimpinan dapat di kelompokan menjadi dua :

  1. Lemahnya kemampuan memimpin, pada banyak kasus mereka yang menduduki posisi pemimpin tidak mendapat training kepemimpinan yang memadai dengan berbagai tools kepemimpinan yang diperlukan, kebanyakan program training kepemimpinan hanya fokus pada konsep kepemimpinan tanpa membekali dengan sub modul lain sebagai “enabler” fungsi kepemimpinan seperti kemampuan untuk melakukan change management, membangun tim yang kokoh atau kemampuan pengembangan tim nya melalui Coaching.
  2. Faktor kegagalan yang kedua adalah kurangnya kemampuan interpersonal skill yang sangat dibutuhkan dalam proses kepemimpinan, umumnya gaya kepemimpinan yang hanya satu arah, dominan dan hanya mau tahu hasil akhir, dalam mengerakan organisasi dengan jumlah karyawan yang besar, memimpin sejumlah manager muda yang smart dan generasi digital tentu membutuhkan pendekatan yang berbeda.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa, faktor kegagalan karena faktor kompetensi teknis berkontribusi hanya 10 %, selebihnya adalah faktor kompetensi soft skill seperti, komunikasi persuasif, influencing, interpersonal relationship skill, sikap intrapreneurship, kemampuan melakukan delegasi secara efektif, kemampuan melakukan coaching danĀ mentoring bawahan dst.

Berita baiknya adalah kompetensi soft skill ini dapat dipelajari, harus selalu di ingat bahwa kedua kompetensi baik teknis maupun soft skill adalah sama pentingnya, namun semakin tinggi posisi banyak hal teknis yang dapat dilakukan oleh bawahan sehingga kompetensi soft skill bagi leaders menjadi semakin penting.

Pemahaman tentang kompetensi soft skill ini dapat diibaratkan sebagai mesin yang paling canggih sekalipun namun bila kurang pelumas pasti suatu saat akan rusak, kompetensi soft skill adalah pelumasnya.

Apa saja kompetensi soft skill yang penting dimiliki oleh seorang leader? jawabannya ada pada slide dibawah ini,

training-leadership

Pada dasarnya kompetensi soft skill dapat di kategorikan menjadi 3 kelompok besar, yaitu kemampuan memimpin, mengelola dan berperilaku sebagai pemimpin, dimasing-masing cluster ini terdapat berbagai sub modul kompetensi penunjangnya, ambil contoh kompetensi leadership itu bisa di bentuk dari posisi atau level untuk Leadership secara umum dapat dilakukan training kepemimpinan diri atau self leadership.

Untuk posisi di atasnya, yaitu team leader, supervisor atau superintendant konsep leadership yang digunakan adalah supervisory leadership atau transaksional leadership karena dasarnya adalah memimpin sejumlah orang sebagai unit produksi terkecil untuk mencapai target yang menjadi tanggung jawab dalam wilayah supervisinya.

Bagaimana dengan senior manager? training kepemimpinan apa yang paling cocok? tentu kembali kepada kebutuhan dan tantangan dalam perusahaan, sebagai contoh bila perusahaan dalam situasi harus ber transformasi tentu dibutuhkan kepemimpinan yang mampu membawa perubahan dan change management.

Atau bahkan cukup dengan kombinasi situasional leadership dalam konteks pengembangan dan pendelegasian tugas agar lebih efektif, cara terbaik tentu mengikuti kompetensi model yang biasanya disiapkan oleh tim HR, sehingga dapat dipetakan secara tepat antara posisi dan tingkat kompetensi kepemimpinan yang harus dimiliki pada posisi itu, selanjutnya dengan metode kompetensi assessment dapat diketahui gap dan kemudian disiapkan program pengembangan kepemimpinan.

 

Training kepemimpinan efektif dan program

Program training leadership yang kami lakukan belum lama ini adalah pada institusi perbankan berlokasi di Hotel Ciputra – Jakarta barat, Lokasi dipilih karena akses yang mudah dan fasilitas yang mendukung, menurut pihak penyelenggara harga paket meeting sangat reasonable, pemilihan lokasi bagi trainer sangat penting karena berkaitan dengan mood peserta ketika masuk keruang training.

hotel-ciputra-jakarta-barat

Tahukah anda trend Training kepemimpinan saat ini? kompetensi leadership dikombinasi dengan sub modul yang menjadi tools perilaku kepemimpinan, misalnya presentation skill atau komunikasi persuasive, dibawah ini adalah contoh program :

training-kepemimpinan

Program dilakukan secara in class selama dua hari, hari pertama pada dasarnya adalah menginstall mindset kepemimpinan dan hari berikutnya adalah teknik nya, kombinasi ini ternyata sangat ampuh karena mengintegrasikan konsep dan konteks sehingga mendorong timbulnya perilaku kepemimpinan yang di harapkan.

Membentuk mindset kepemimpinan dilakukan dengan metoda NLP ( Neuro Linguistic Programming) untuk memberdayakan diri atau mindpower, mindset yang tepat akan menghasilkan perilaku dan bila perilaku ini dipertahankan maka akan menjadi habit, habit inilah pada akhirnya menjadi karakter.

Sesuai dengan level atau posisi peserta, pendekatan kepemimpinan dapat disesuaikan, pada training kepemimpinan yang belum lama ini kami lakukan adalah Transformational leadership, sejalan dengan situasi perusahaan yang sedang bertransformasi.

Hari berikutnya, adalah tool atau enable kepemimpinan, bagaimana menggerakan tim dengan teknik komunikasi persuasif atau influencing dan komitmen untuk menunjukan perilaku kepemimpinan yang selaras dengan core values perusahaan sehingga training kepemimpinan yang kami rancang secara customized ini mampu memperkuat identitas dan budaya perusahaan.

Suasana training kepemimpinan ini dibuat serius tapi santai, materi di sajikan dengan kombinasi video, group diskusi dan presentasi, agar peserta lebih ter energize dilakukan Ice breaking dan simulasi games yang dipilih secara cermat sejalan dengan materi yang hendak disampaikan.

training-kepemimpinan

training-kepemimpinan

training-kepemimpinan

 

Konsultasikan program anda secara gratis dengan menghubungi : 08111-91-3355, 0815-1489-4676. atau lihat video clip di bawah ini sebagai tambahan informasi lebih lanjut :

Training kepemimpinan

 

Inspirasi lain dapat anda temukan dengan meng klik tautan lain di bawah ini :

Pelatihan leadership dan soft skill di hotel Mercure Ancol Jakarta Utara

Training kepemimpinan dan Coaching di Park hotel Cawang Jakarta Timur

Pelatihan leadership dan Change management di Ritz carlton -Jakarta Selatan

Pelatihan kepemimpinan dan soft skill di Hotel Shangri-la Jakarta Pusat

Pelatihan Revolusi Mental – Mengubah jargon menjadi tindakan

Pendekatan Triple P dalam pelatihan pelayanan pelanggan