Pelatihan Revolusi Mental – Mengubah jargon menjadi tindakan

Pelatihan atau training revolusi mental yang lebih dari sekedar membangun awareness namun dengan metoda mindpower untuk membentuk mindset dan mengubah perilaku nyata dalam organisasi, hubungi 08111913355, 081514894676.

 

Revolusi Mental, makna dan hasilnya

Kata revolusi mental semenjak didengungkan kembali oleh Bpk. Presiden Joko Widodo di awal pemerintahannya bergaung dan bersambut dengan unjuk kerja nyata disegala bidang, pelatihan revolusi mental yang berwawasan kebangsaan ini juga bisa menjadi model revolusi mental dalam konteks bisnis transformasi didalam lingkup perusahaan atau organisasi, bukan hanya sebagai jargon saja namun mengubahnya menjadi perilaku yang dilandasi oleh tata nilai yang berlaku dalam organisasi dan diarahkan untuk mencapai target atau tujuan bersama.

Banyak istilah yang pada intinya mencerminkan perubahan seperti kata revolusi, reformasi, restorasi, dan transformasi, bila merujuk pada kamus besar bahasa indonesia kata revolusi mengandung arti :

Revolusi : “Perubahan ketatanegaraan baik pemerintahan maupun keadaan sosial yang dilakukan dengan kekerasan, bisa juga berarti perubahan mendasar dalam suatu bidang, bila dalam industri dapat diartikan perubahan radikal dalam usaha mencapai produksi”.

Reformasi : “Perubahan secara drastis untuk perbaikan misalnya dalam bidang Sosisal, politik, ekonomi dan hukum, dalam suatu masyarakat atau negara”

Restorasi : ” Pengembalian, pemugaran atau pemulihan kepada keadaan semula” berkonotasi dulu sudah baik sekarang melenceng atau yang sudah baik pada awalnya namun melenceng dalam perjalanannya sehingga harus dikembalikan kekondisi yang sebenarnya.

Transformasi : “Perubahan rupa bisa bentuk, sifat, fungsi dan sebagainya”  Kata transformasi sering di gunakan dalam konteks bisnis dan organisasi sebagai respond adaptif terhadap tekanan perubahan agar keberlangsungan bisnis dapat terjaga, dalam prosesnya termasuk juga di dalamnya adalah people transformation, sehingga kata revolusi mental dalam organisasi bisa dipakai untuk mengubur perilaku lama dan membangun perilaku baru yang di butuhkan dalam mencapai tujuan bersama.

Revolusi mental merupakan gagasan oleh Bung Karno yang pertama kali disampaikan pada tanggal 17 Agustus 1956, karena melihat kondisi revolusi nasional pada saat itu sedang mandeg sedangkan tujuan revolusi fisik untuk menjadi bangsa yang merdeka seutuhnya belum tercapai.

Merebut kemerdekaan dari penjajah dengan melakukan revolusi fisik, namun setelah merdeka, revolusi berlanjut untuk membangun Jiwa bangsa, berdasar ide inilah Revolusi mental kembali digaungkan oleh Presiden Jokowi, untuk membangun jiwa merdeka dan jiwa kebebasan untuk meraih kemajuan demi kepentingan bersama.

Pelatihan revolusi mental sangat kontekstual dengan kondisi Indonesia saat ini, yang ditandai dengan menurunnya semangat gotong royong, merosotnya wibawa negara, merebaknya rasa intoleransi dan melemahnya sendi-sendi perekonomian nasional, Kementrian dan Lembaga Negara diharapkan mampu menjadi pelopor revolusi mental, dengan bekerja lebih ber-sinergi, memahami dan mengatasi issue bersama dan penguatan kapasitas aparat negara dst.

pelatihan-revolusi-mental

 

Faktanya gerakan revolusi mental menuai dampak positif yang besar, terbukti dengan kerja keras, kolaborasi dan gotong royong antara pemerintah dan masyarakat  menghasilkan kinerja dan prestasi yang luar biasa, bahkan dapat dikatakan sangat luar biasa yang belum pernah terjadi sebelumnya, silahkan buktikan sendiri sudah berapa ribu km jalan dibangun , pelabuhan udara, pelabuhan laut, bendungan, jembatan dan proyek strategis lainnya yang sudah selesai atau akan selesai dalam waktu dekat ini bukan hanya di pulau Jawa tetapi di seluruh wilayah Indonesia. Teramat sangat Luar Biasa!!!

Revolusi mental memiliki program lima aksi nyata, yaitu bermental melayani, dulu banyak aparat atau pejabat pemerintah yang inginnya dilayani kini di revolusi mental untuk mau turun, dekat dan mau melayani masyarakat, hal ini sangat dicontohkan secara langsung oleh Pak Jokowi, program lainnya adalah membangun ketertiban disegala bidang sehingga tercipta situasi yang harmonis dan saling menghargai, program Indonesia bersatu kembali kepada sendi Bhineka tunggal ika dan NKRI sebagai harga mati dan Indonesia bersih, secara mental mampu menjaga amanah dengan mengembalikan sebesarnya untuk kepentingan masyarakat.

 

pelatihan-revolusi-mental

 

 

Pelatihan Revolusi Mental dengan Teknologi Mind Power

Dari uraian diatas, Pelatihan Revolusi mental dilakukan dengan cara melakukan perubahan cara berpikir, bekerja dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari, dengan membangun karakter yang berintegritas, memiliki etos kerja tinggi dan semangat gotong royong, perubahan ini bertujuan untuk mencapai Tujuan nasional menjadi Indonesia yang berdaulat, berdikari dan berkepribadian.

Teknologi Mind power bermanfaat untuk digunakan sebagai salah satu “enabler” atau metode yang cepat untuk melakukan perubahan dalam diri setiap orang, dengan teknik perubahan dan pembentukan mindset baru sebagai landasan terbentuknya perilaku.

Dalam konteks organisasi, diperlukan kesamaan persepsi terhadap visi dan tujuan dan dibutuhkan perilaku yang sesuai dengan menggunakan dasar berpijak yang sama yaitu core values atau tata nilai dalam organisasi atau perusahaan.

Visi, misi dan tata nilai tidak hanya cukup disosialisasikan dengan cara biasa sama seperti konsep revolusi mental yang diseminarkan dalam forum yang gagah namun berhenti hanya sebagai awareness atau pengetahuan saja, banyak kasus dalam perusahaan bahkan dalam korporasi besar visi, misi dan core values hanya berakhir sebagai pajangan didinding, meskipun telah di trainingkan dengan gelontoran biaya yang fantastis tetap hanya sebagai hafalan tidak terwujud sebagai perilaku yang diharapkan.

pelatihan-revolusi-mental

Pendekatan konvensional dalam penyampaian atau sosialisasi informasi sudah kurang efektif dalam era digital ini, setiap hari manusia modern dibombardir dengan informasi yang luar biasa banyak dari berbagai arah dan sumber sehingga terkondisi informasi yang terekam dalam memori bawah sadar tersaring sesuai kebutuhan, minat, ketertarikan dan motivasi, ditambah lagi dengan begitu cepat nya pergantian arus informasi, menjadikan informasi asal lewat telinga saja atau bahkan tidak di perdulikan.

Suasana formal kadang diperlukan dalam konteks tertentu, namun dalam membangun atau membentuk mindset baru perlu dilakukan dengan cara yang yang kreatif menggunakan metoda berbeda seperti NLP (Neuro Linguistic Programming) tentu yang bukan abal-abal plus waking hipnosis untuk mengubah  dan membentuk mindset baru dan mendorong keluar menjadi perilaku, dalam pelatihan revolusi mental dilakukan dengan simulasi tertentu yang fun, refresh dan memberdayakan.

Pelatihan-revolusi-mental

Pelatihan-revolusi-mental

Pelatihan-revolusi-mental

Pelatihan-revolusi-mental

Semangat Revolusi mental bernuansa kebangsaan dapat di model menjadi revolusi mental di tingkat individu, organisasi, institusi atau perusahaan yang sedang melakukan transformasi, dengan metoda mindpower pelatihan tidak hanya berhenti menjadi pengetahuan atau awareness saja namun dapat install hingga kebawah sadar dan selanjutnya akan terpicu menjadi perilaku pada konteks lingkungan yang sesuai.

Metoda mind power yang kami gunakan di install secara bertahap kepeserta dimulai dengan membangun kesamaan persepsi terhadap tujuan yang dengan teknik penyampaian tertentu dapat diubah menjadi kepentingan bersama yang harus diperjuangkan bersama dan mewakili kepentingan  dari setiap fungsi yang berbeda dengan teknik membuat covision dan visual anchoring, tahap ini sangat penting karena outputnya adalah timbulnya Inner motivation yang greget pada semua individu peserta.

Pelatihan-revolusi-mental

Tahap selanjutnya adalah membangun mindset untuk memunculkan perilaku yang mendukung kearah pencapaian tujuan, dalam konteks korporasi atau perusahaan bisa di integrasikan core values sebagai dasar berpijak yang sama, membongkar mindset lama yang menghambat tentu harus dilakukan dengan hati-hati bisa dilakukan dengan teknik negative emosional release atau dengan EFT (Emotional Freedom Technique) seperti yang kami lakukan pada salah satu direktorat di sebuah kementerian yang berlokasi di Kuningan – Jakarta.

Langkah selanjutnya adalah dengan membentuk mindset baru sebagai dasar pembentukan perilaku yang diinginkan yang sejalan atau diperlukan untuk mencapai tujuan bersama, biasanya kami gunakan teknik Cartesian coordinate dan Three stacking believe system, bagaimana mengetahui mindset baru telah terinstall ? adalah dengan menggunakan berbagai simulasi yang fun, ringan dan memberdayakan untuk mempraktekan dan sekaligus membuktikan bahwa perilaku baru adalah formula sukses mencapai tujuan.

Bagian ini sering dilupakan dalam Pelatihan atau training revolusi mental atau pelatihan kepemimpinan transformational, yaitu bagaimana strategi untuk mempertahankan perilaku baru ini di ulang-ulang hingga menjadi habit dan karakter? dalam korporasi biasanya kami integrasikan dengan HR sistem, atau dengan 8 step change management atau bentuk penugasan proyek improvement dibarengi dengan program pendampingan seperti coaching dan mentoring.

Dengan program massive yang didukung dengan penggunaan metode non konvensioanal seperti NLP, waking hypnosis dan EFT, dikunci dengan sistem pengelolaan SDM (Sumber Daya Manusia) yang ada, terjadi perubahan yang menetap seperti yang diharapkan.

 

Bila institusi anda membutuhkan konsultasi organization / bisnis transformation silahkan hubungi kami di : 08111-91-3355, 0815-1489-4676.

 

Berikut adalah video clips program sejenis yang kami lakukan :

Perubahan mindset dengan metoda Mind power.

 

Kami adalah specialist pelatihan soft skill dengan berbagai modul yang di customized sesuai dengan kondisi dan tantangan dalam organisasi, beberapa diantaranya adalah : Pelatihan / training kepemimpinan, transformastional leadership atau pelatihan leadership lainnya, pelatihan coaching, pelatihan komunikasi, public speaking dan TOT. 

 

Ulasan menarik dan inspiratif lainnya dapat anda ikuti di bawah ini :

Pelatihan leadership dan soft skill di hotel Mercure Ancol Jakarta Utara

Training kepemimpinan dan Coaching di Park hotel Cawang Jakarta Timur

Pelatihan leadership dan Change management di Ritz carlton –Jakarta Selatan

Training Kepemimpinan efektif di Hotel Ciputra – Jakarta barat

Pelatihan kepemimpinan dan soft skill di Hotel Shangri-la Jakarta pusat

Pendekatan Triple P dalam pelatihan pelayanan pelanggan