Pelatihan leadership dan soft skill di hotel Mercure Ancol Jakarta Utara

Pelatihan Leadership yang dilengkapi dengan berbagai tool soft skill lainnya sebagai penunjang perilaku kepemimpinan di Hotel Mercure – Jakarta utara, informasi lebih lanjut hubungi 08111913355, 081514894676.

Sebuah bank swasta nasional yang besar belum lama ini menyelenggarakan pelatihan leadership yang lebih komprehensif, dengan memadukan berbagai kompetensi soft skill lainnya, seperti complex decision making, critical thinking dan creativity, hal ini sejalan dengan tren soft skill yang di perlukan oleh leaders di masa depan.

Program pelatihan leadership di buat sangat customized menjawab competency gap yang diukur sebelumnya dengan menggunakan leadership mindset assessment, untuk mengetahui perilaku yang di tunjukan saat ini dan perilaku kepemimpinan yang seharusnya atau dibutuhkan, Pelatihan leadership ini dibawakan oleh master trainer soft skill nasional seorang akademisi sekaligus praktisi dan entrepreneur dengan menggunakan metode NLP sehingga mempercepat proses pembelajaran, perubahan dan pemberdayaan.

Pelatihan leadership selama dua ini tidak berhenti sampai disini, namun di lanjutkan dengan program penugasan proyek improvement dalam divisi yang dipimpinnya dan disertai dengan coaching setiap bulan untuk memonitor progres pembentukan perilaku kepemimpinan yang di inginkan.

Berbeda dengan pelatihan leadership pada umumnya yang bersifat generik dengan konsep-konsep leadership pada umumnya, pada pelatihan leadership ini progam diselaraskan dengan core values sehingga perilaku kepemimpinan yang muncul dalam perilaku sehari-hari dapat memperkuat identitas dan budaya perusahaan.

4 trend pelatihan leadership di masa depan.

pelatihan-leadership

Riset yang dilakukan oleh Center for creative leadership menemukan fakta bahwa model pelatihan leadership yang saat ini dilakukan sudah tidak memadai untuk menjawab tantangan leadership dimasa depan, ada suatu pergeseran mindset yang sangat mendasar, beberapa di antaranya adalah :

  1. Pelatihan leadership tidak cukup menjawab kebutuhan dengan meningkatkan kompetensi leadership saja namun harus juga menjawab bagaimana cara untuk melakukan pengembangan yang spesifik sesuai dalam konteks perusahaan, industri dan kompetisi, itulah alasan mengapa pelatihan leadership seharusnya adalah program yang di customized.
  2. Pelatihan leadership tidak hanya menjadi tanggung jawab divisi human resources atau training atau bagian diklat semata, yang bersifat menyediakan program dan melakukan pelatihan, istilahnya horizontal sebagai fungsi pendukung untuk menutup gap kompetensi leadership saat ini, namun lebih dari itu harus bersifat Vertikal artinya mempertimbangkan tantangan leadership yang dihadapi dimasa depan atau dapat juga di artikan melatih kepemimpinan dalam konteks yang lebih tinggi.
  3. Pada umumnya program pelatihan leadership di miliki oleh divisi Human resources, di masa depan rasa ownership ini seharusnya sudah dirasakan, dibutuhkan dan diprioritaskan oleh setiap Profesional, sehingga yang terjadi adalah bukan dipaksa untuk ikut program pelatihan namun mencari dan menemukan program pelatihan leadership yang sesuai dengan kebutuhan pribadi. Dorongan internal inilah yang membentuk karakter kepemimpinan yang sesungguhnya.
  4. Bagian yang lebih menarik dari kebutuhan pelatihan leadership dimasa datang adalah pembentukan kompetensi leadership atau perilakunya tidak hanya untuk menutup gap kompetensi secara individual, namun lebih dari itu harus menjadikan sebuah program kepemimpinan kolektif, artinya leadership di nurture dalam dilingkungan dimana setiap individu membagi dan memperkuat dan berkontribusi untuk membentuk lingkungan yang merangsang tumbuh kembangnya perilaku kepemimpinan.

Kesimpulannya adalah pembentukan perilaku kepemimpinan adalah tanggung jawab bersama, setiap karyawan menyadari tantangan bisnis dimasa depan dan mulai membangun kompetensi kepemimpinan yang mampu menjawab tantangan itu dan sekaligus menumbuh suburkan kesadaran untuk membangun lingkungan yang konduksif agar terbentuk kemampuan leadership secara kolektif.

Leadership sebagai bagian dari kompetensi soft skill tidak terlepas dari berbagai kompetensi soft skill lainnya untuk menunjang tugas sebagai leaders, merujukan pada hasil konferensi World Economic forum terjadi pergeseran kompetensi soft skill yang di butuhkan di masa dengan :

pelatihan-leadership

Hal ini sejalan dengan kemajuan teknologi sehingga banyak fungsi yang dulunya dilakukan oleh manusia atau membutuhkan campur tangan orang, sekarang di ganti dengan komputer atau internet of things, sehingga dibutuhkan seperangkat kompetensi yang tidak mampu di lakukan oleh komputer, beberapa diantaranya yang bergeser menjadi lebih prioritas adalah :

  1. Complex problem solving, pengertian complex disini mengindikasikan banyaknya hal yang perlu dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan yang tidak hanya berdasar formula baku, namun juga membutuhkan hati nurani dan intuisi prediksi masa depan dengan impaknya terhadap seluruh pemangku kepentingan, Seperti adagium kalaulah organisasi tidak memiliki “hati” maka hal itu menjadi tanggung jawab Leader untuk memilikinya.
  2. Critical thinking, sebenarnya kompetensi ini dekat sekali dengan problem solving and decision making, namun mengapa di masa datang menjadi semakin penting? sejalan dengan tantangan yang semakin komplex maka dalam mengurai masalah tidak lagi hanya berdasar formula baku, namun juga harus dengan mempertimbangkan faktor lain yang mungkin tidak terpikir oleh komputer namun karena kearifan dan intuisi manusia, tujuannya adalah melatih otak untuk berpikir lebih kritis sehingga mampu mengurai akar masalah semakin tajam dan mengena.
  3. Emotional inteligence, kecerdasan secara IQ nampaknya semakin dapat digantikan oleh komputer, perkembangan artificial inteligence semakin hebat banyak hal sekarang dapat di rumuskan dalam komputer dan dengan algoritma tertentu dengan mudah memberi jawaban. namun dalam kehidupan sehari-hari interaksi sosial membutuhkan berbagai sentuhan emosional untuk mewujudkan tujuan bersama, termasuk juga kemampuan Intrapersonal skill bagaimana mengendalikan emosi, melakukan adaptasi, penyesuaian dan toleransi.

Berbagai penelitian semakin mengukuhkan pentingnya kompetensi soft skill sebagai leader, penelitian oleh Harvard menunjukan bahwa sukses seorang pemimpin dalam melakukan tugasnya 15% karena kemampuan teknis dan 85% adalah kompetensi soft skill.

pelatihan-leadership

Dikatakan bahwa sukses melakukan fungsi sesuai tugasnya adalah dukungan kemampuan teknis, namun dalam melakukan tugasnya seorang leader tidak bekerja sendiri untuk itulah dibutuhkan kemampuan soft skill yang tinggi, pelatihan leadership di harapkan mampu menjawab kebutuhan ini.

Bagaimana berkomunikasi yang influencing, membuat keputusan yang bersifat ekologis atau bermanfaat bagi semua pemangku kepentingan, melakukan pengembangan personal anggota tim, mengendalikan stress menghadapi berbagai tekanan, mampu bersikap tenang dan fokus pada tujuan akhir, mapu melakukan hal detail tanpa kehilangan gambaran besarnya dan lain sebagainya.

Kemampuan soft skill pada dasarnya dapat di golongkan dengan berbagai pendekatan namun dengan membagi menjadi 3 cluster maka kompetensi soft skill ini semakin mudah dipahami, dasar berpikirnya adalah kepemimpinan efektif, artinya mencapai sasaran sesuai peran sebagai pemimpin, ke tiga cluster itu adalah :

  1. Leadership : Bagaimana kemampuan memimpin sesuai dengan tingkatannya, memeimpin diri sendiri, tim, organisasi dan bisnis.
  2. Manajerial : Bagaimana kemampuan untuk mengelola secara efektif dan efisien tantangan pekerjaan yang melibatkan tim atau anggota organisasi lebih dari konsep PDCA.
  3. Behavior : Bagaimana melakukan tugas dengan perilaku yang sesuai dan efektif, seperti perilaku dalam komunikasi apakah harus asertif atau persuasif dst.

Berikut di bawah ini ke tiga cluster kompetensi Soft skill yang utama :

pelatihan-leadership

Masing-masing cluster memiliki sub kompetensi yang menjadi enabler dari fungsi kompetensi utama, sebagai contoh pada custer kompetensi leadership sebagai leader juga membutuhkan kemampuan untuk melakukan atau berespon terhadap perubahan, untuk itulah dibutuhkan kemampuan Change management.

Dalam Cluster kompetensi soft skill manajerial, dalam mengelola tugas dibutuhkan sub kompetensi bagaimana melakukan delegasi yang efektif, lebih dari hanya sekedar bagi-bagi tugas, namun membuat anak buah menjadi akutabel dengan tugas yang diberikan, begitu juga sebagai leader akan sangat terlihat dari perilakunya yang paling umum adalah saat melakukan komunikasi, komunikasi influencing membutuhkan skill lebih tinggi daripada hanya sekedar komunikasi biasa sehari-hari.

Sebagaimana trend pengembangan kepemimpinan atau pelatihan leadership sebagai mana diuraikan diatas, setiap leader dapat bertanya pada diri sendiri dari ke 30 sub kompetensi mana yang sudah mastery dan mana yang masih basic, sehingga muncul kesadaran untuk mengejar atau meningkatkan sub kompetensi mana yang perlu di tingkatkan sesuai dengan kebutuhan dan tantangan yang dihadapi.

Kembali pada program pelatihan leadership yang kami lakukan di Hotel Mercure Ancol – Jakarta utara belum lama ini, program sangat customized dan di ikuti dengan penugasan individu dan sesi coaching untuk memastikan terbentuknya perilaku kepemimpinan yang baru.

pelatihan-leadership

Program pelatihan leadership ini pada dasarnya adalah membentuk perilaku dengan cara menginstall mindset baru dengan metode waking hipnosis dan mind power setelah itu perilaku semakin didorong keluar dengan kompetensi pendukung seperti teknik komunikasi, teknik melakukan perubahan dan teknik inner motivasi.

pelatihan-leadership

Bila perusahaan anda membutuhkan pelatihan leadership yang mampu menjawab tantangan masa depan silahkan hubungi kami di 08111-91-3355, kami melakukan berbagai pelatihan soft skill di seluruh wilayah Indonesia.

Berikut adalah beberapa aktifitas pelatihan leadership yang belum lama ini kami lakukan :

pelatihan-leadership

pelatihan-leadership

pelatihan-leadership

pelatihan-leadership

pelatihan-leadership

 

Video clip Pelatihan leadership juga dapat anda lihat di :

Pelatihan leadership

 

Berbagai artikel lain yang berhubungan dengan leadership dapat anda lihat di bawah ini :

Training kepemimpinan dan Coaching di Park hotel Cawang Jakarta Timur

Pelatihan leadership dan Change management di Ritz carlton –Jakarta Selatan

Training Kepemimpinan efektif di Hotel Ciputra – Jakarta barat

Pelatihan kepemimpinan dan soft skill di Hotel Shangri-la Jakarta pusat

Pendekatan Triple P dalam pelatihan pelayanan pelanggan

Pelatihan Revolusi Mental – Mengubah jargon menjadi tindakan