Pelatihan kepemimpinan dan soft skill di Hotel Shangri-la Jakarta pusat

Specialist pelatihan kepemimpinan dan pelatihan soft skill lainnya, dengan menggunakan metoda NLP dan waking hypnosis untuk mempercepat proses pembelajaran dan pembentukan perilaku baru melalui perubahan mindset, hubungi 08111913355, 081514894676.

Kami melakukan pelatihan kepemimpinan yang berbeda :

  1. Program pelatihan kepemimpinan disesuaikan dengan tantangan dan kondisi riel dalam perusahaan, modul di customized selaras dengan arah strategi seperti visi, misi dan core values.
  2. Bekerja sama dengan tim Human Resources untuk mengidentifikasi kebutuhan dengan melakukan Training Need Analysis, Interview dengan end user, kompetensi assessment, atau leadership mindset assessment dan bahkan focus group discussion, sehingga program yang dirancang menjadi tepat sasaran
  3. Metoda pengembangan karyawan tidak hanya dengan in-class training, namun dapat diperkuat dengan program benchmarking, group field project atau improvement project dan sesi Coaching untuk memastikan perubahan perilaku yang diharapkan.
  4.  Metoda penyampaian tidak konvensional, menggunakan pendekatan waking hypnosis dan NLP (Neuro Linguistic Programming) dalam suasana fun yang memberdayakan, difasilitasi oleh master trainer soft skill Nasional, berlatar belakang akademisi, praktisi dan entreprenuer.
  5. Menggabungkan konsep kepemimpinan sebagai best practice dengan rekomendasi tools kepemimpinan yang sesuai dengan konteks kebutuhan perusahaan misalnya Change management, coaching atau komunikasi persuasif dll.

Pada intinya kami bukanlah provider pelatihan kepemimpinan yang menjual modul baku yang ditawarkan pada semua perusahaan yang akhirnya menjadi generik dan peserta hanya mendapat kesan wow dari presenter namun hanya sebatas pengetahuan yang masuk secara terbatas dan tidak mendorong munculnya perilaku kepemimpinan yang diharapkan.

pelatihan-kepemimpinan

Konsep pelatihan kepemimpinan disesuaikan dengan level peserta dan tantangan dalam organisasi, sebagai contoh, untuk meningkatkan kemampuan leadership di level individu pendekatan kepemimpinan adalah self leadership, kemampuan untuk mengendalikan emosi, membuat hambatan mental untuk berprestasi dan pengarahan diri pada tujuan, penugasan spesifik nya adalah misalnya menunjukan perilaku baru sesuai core values perusahaan.

Posisi team leader, koordinator tim atau supervisor pendekatan kepemimpinan yang cocok adalah supervisory leadership atau transaksional leadership karena titik beratnya adalah pencapaian performance di unit produksi terkecil yaitu tim nya, tentu dilengkapi dengan sub modul lainnya sebagai “enabler” tugas kepemimpinan sesuai dengan Training need analysis.

Untuk level manager bisa dengan situasional atau transformational leadership bergantung pada kondisi dan tantangan dalam perusahaan sama seperti diatas di lengkapi juga dengan tools soft skill lainnya yang relevan.

Sedangkan untuk level manajement tingkat atas, bisa di buatkan program yang lebih spesifik, menggabungkan business acumen, leadership, change management, people development dan entrepreneurship, sekali lagi kombinasi ini dirancang untuk menjawab tantangan kepemimpinan baik saat ini maupun masa depan.

World Economic Forum di tahun 2016 telah memprediksi adanya pergeseran prioritas kompetensi soft skill, hal ini sejalan dengan tantangan business yang bersifat VUCA (Volatile, Uncertainty, Complexity, Ambigue) atau situasi bisnis yang sangat dinamis sehingga leaders harus dipersiapkan untuk mampu menghadapi kondisi ini.

Pergeseran kompetensi Soft skill dapat di lihat pada gambar di bawah ini :

pelatihan-kepemimpinan

Sejalan dengan kemajuan teknologi digital, Internet of things dan artificial intelligence pada akhirnya banyak pekerjaan yang dilakukan secara manual perlahan namun pasti diambil alih oleh komputer, saat ini saja banyak profesi yang mulai hilang akibat penerapan teknologi digital, ambil contoh profesi penjaga pintu tol sekarang digantikan oleh e-money, petugas parkir sudah dengan otomasi begitu juga profesi teller diperbankan saat ini nasabah lebih nyaman melakukan e-banking, tidak perlu membuang waktu dengan atrian panjang.

Beberapa kompetensi soft skill yang sulit tergantikan oleh komputer menurut studi itu adalah Pengambilan keputusan yang komplek hal ini karena ada pertimbangan atau managerial judgement yang tidak bisa dilakukan oleh komputer yang serba matematis, begitu juga kemampuan berpikir kritis untuk mengidentifikasi masalah, merumuskan dan mencari celah atau prespective lain yang belum tentu bisa dilakukan oleh komputer.

Kompetensi lainnya adalah creativity, inilah yang sangat membedakan dengan komputer, manusia memiliki kemampuan ber imajinasi yang tak tergantikan oleh komputer, mencari berbagai alternatif solusi dan mengambil keputusan terbaik, dalam praktek nya sering kali tidak mudah dilakukan karena pekerjaan sehari-hari mengkondisikan karyawan hanya menuntut penggunaan logika, sistematis atau lebih dominan fungsi otak kiri dari pada fungsi otak kanan yang lebih pada kemampuan berpikir kreatif, imaginatif dan seni.

Ada 10 kompetensi soft skill yang dimasa depan menjadi penting, namun pada kenyataanya kompetensi ini sangat di butuhkan pada kondisi sekarang ini, mengapa kompetensi soft skill ini penting menurut Oxbridge Academy ada lima alasan utama :

  1. Kompetensi teknis menjadi tumpul bila tidak disertai kompetensi soft skill, ambilah contoh sederhana seorang salesman sangat menguasai pengetahuan produk dan market, namun cara dia berinteraksi dan berkomunikasi dengan customer sangat lemah, sudah pasti kompetensi teknis nya menjadi tidak berarti.
  2. Kompetensi soft skill lebih sulit dipelajari dibanding dengan teknis, kompetensi teknis biasanya lebih tangible dan mudah diukur sehingga mudah dipelajari, berbeda dengan soft skill yang membutuhkan perubahan perilaku, ambil contoh komunikasi persuasif, bagi mereka yang sudah terbiasa mendominasi pembicaraan pasti tidak mudah membangun dan mempertahankan perilaku yang lebih mendengarkan dan menyampaikan pesan dengan cara yang persuasif, diperlukan perubahan mindset yang kuat, kegigihan dan konsistensi yang tinggi.
  3. Lingkungan kerja modern saat ini lebih menghargai kolaborasi, networking, hubungan interpersonal, hal ini sangat dibutuhkan untuk membangun lingkungan kerja yang sehat, konduksif, berorientasi pelanggan atau dengan kata lain kemampuan soft skill ini berperan dalam peningkatan kolaborasi dan produktifitas.
  4. Pelanggan atau klien sangat membutuhkan soft skill, kompetisi melalui keunggulan produk dan harga sekarang ini dengan era digital sudah tidak memadai lagi, tersedia banyak pilihan dan produk subsitusi yang dapat dipilih oleh klien atau pelanggan, sehingga sentuhan personal atau customer service dapat menjadi faktor diferensiator.
  5. Tren dimasa depan lingkungan kerja semakin membutuhkan soft-skill, karena kemajuan teknologi digital, internet of things dan kecerdasan buatan, sehingga faktor pembeda nya adalah kemampuan soft skill didalam lingkungan kerja.

 

Semua fakta diatas di jabarkan secara detail dalam pelatihan kepemimpinan yang kami lakukan dalam upaya membentuk mindset baru agar leader memiliki kesadaran untuk meningkatkan kemampuan soft skill, seperti pada pelatihan kepemimpinan yang kami lakukan pada sebuah perusahaan pelayaran swasta papan atas, tantangan yang mereka hadapi adalah manajer cenderung bekerja dalam kubunya masing-masing atau silo, terjadi KPI war antar departemen dan komunikasi yang bersifat memaksa yang penting goal mereka tercapai tanpa memperdulikan efeknya bagi fungsi lain.

Program pelatihan kepemimpinan mengikuti pola seperti penjelasan diatas, hingga disetujui program pengembangan yang berbasis one team, one goal dan one spirit, awalnya program akan dilakukan di kantor namun kami rekomendasikan disebuah hotel untuk membangun pesan psikologis bahwa ini adalah pelatihan kepemimpinan yang penting dan berbeda, sehingga perusahaan benar-benar ber investasi untuk memberi yang terbaik bagi para leadersnya.

Dengan menggunakan corporate rate didapat harga yang reasonable untuk hotel bintang 5 sekelas Shangri-la di Jakarta pusat, lokasi ini di pilih karena akses yang mudah dan fasilitas pendukung yang sangat lengkap sehingga praktis dan tidak merepotkan perusahaan.

shangrila-hotel

 

Suasana pelatihan kepemimpinan sangat serius tapi santai, interaktif, di energized dengan ice breaking dan simulasi games kepemimpinan yang ringan namun penuh dengan insight :

pelatihan-kepemimpinan

pelatihan-kepemimpinan

pelatihan-kepemimpinan

pelatihan-kepemimpinan

pelatihan-kepemimpinan

pelatihan-kepemimpinan

Pelatihan kepemimpinan di kombinasi dengan simulasi transformasi diri dengan metoda Glass walk, sebagai pemimpin harus mampu fokus pada tujuan dan hasil akhir sehingga semua tantangan dan hambatan dalam prosesnya menjadi bagian yang dinikmati, pecahan beling di metaforikan sebagai hambatan dengan metoda mind power yang di ajarkan peserta mampu melewati beling ini dengan aman sepanjang mematuhi aturan dan SOP yang berlaku dan hanya fokus pada tujuan atau goal akhir, ilmiah tanpa mantra hanya dengan kekuatan pikiran.

Kami banyak melakukan berbagai kegiatan pelatihan kepemimpinan di kementrian, BUMN, Korporasi atau perusahaan swasta lainnya di seluruh wilayah Indonesia, berbagai pengalaman kami melakukan pelatihan yang customized ada dalam ulasan dibawah ini, namun sengaja kami tidak menyebutkan nama klien karena alasan etis, namun bagaimana prosesnya kami uraikan sebagai inspirasi bagi anda :

Pelatihan leadership dan soft skill di hotel Mercure Ancol Jakarta Utara

Training kepemimpinan dan Coaching di Park hotel Cawang Jakarta Timur

Pelatihan leadership dan Change management di Ritz carlton -Jakarta Selatan

Training Kepemimpinan efektif di Hotel Ciputra – Jakarta barat

Pendekatan Triple P dalam pelatihan pelayanan pelanggan

Pelatihan Revolusi Mental – Mengubah jargon menjadi tindakan

 

Lihat juga video clip di bawah ini :

Pelatihan kepemimpinan