Change management dalam pelatihan leadership di Jakarta selatan

Leadership dan change management adalah bagian integral sebagai fungsi dari kepemimpinan, pelatihan leadership yang mampu membawa perubahan yang diharapkan, dikemas dengan metode NLP dan waking hipnosis, hubungi 08111913355, 081514894676.

Pelatihan leadership : Sebuah BUMN Nasional menghadapi situasi business yang mengharuskan melakukan transformasi disegala bidang dalam organisasi, persaingan yang semakin ketat baik dari pemain dalam negeri maupun luar negeri, sementara harga produk sangat diregulasi oleh pemerintah, kapasitas produksi masih tinggi namun distribusi terkendali dengan fasilitas yang sudah berumur dan tidak menjangkau semua area pemasaran.

Pembangunan saluran distribusi sangat membutuhkan biaya yang sangat besar, harus berimbang dengan potensi pemasaran di wilayah tersebut, nilai kompetitif dari produk adalah harga yang lebih murah dibanding dengan produk subtitusi lain, kondisi sebelumnya perusahaan sangat terproteksi oleh aturan pemerintah sehingga membuat organisasi tidak terbiasa bermain dimedan kompetisi yang ketat.

Karena itulah perusahaan melakukan berbagai inisiatif strategis, salah satunya dibidang SDM adalah melatih manajer agar bisa beradaptasi dalam lingkungan yang sangat dinamis, dengan menjalankan program Manajemen Development Program untuk semua manager, salah satu modul yang menjadi prioritas adalah meningkatkan kemampuan Leadership dan Change management

Lokasi pelatihan kepemimpinan di Ritz Carlton Hotel – Pacific Place Jakarta Selatan, dengan pertimbangan mudah di akses oleh semua peserta dari manapun dan dukungan fasilitas pelatihan yang sangat memadai, dengan budget yang tidak semahal yang dibayangkan apalagi dengan corporate rate, lokasi ini dipilih terutama karena dekat dengan Perusahaan lain yang akan dijadikan visit benchmarking.

pelatihan-kepemimpinan

Program pelatihan leadership ini dibuat selama dua hari, satu hari untuk membahas topik leadership dan hari selanjutnya Change management, setelah itu setiap group membuat tugas bersama berupa proyek yang harus dapat diimplementasi dengan Profit & Lost dan di uji didepan direksi, selama proses mengerjakan proyek setiap tim memiliki mentor untuk memastikan proyek ini berjalan dan menghasilkan profit sesuai yang ditargetkan.

 

Tantangan kepemimpinan dimasa depan

Sebagai manager dan sekaligus leader difungsinya masing-masing tidak dapat lagi bekerja dengan pola business as usual, mereka harus memiliki awareness tinggi terhadap berbagai perubahan yang terjadi dimarket. Situasi business dimasa depan diprediksi akan semakin VUCA hal ini harus di respon sebagai tantangan dalam kepemimpinan.

pelatihan-leadership

Sebagai mana yang di prediksi oleh Bob Johansen, situasi business dimasa depan akan semakin VUCA, Volatile artinya berubah dengan cepat, Uncertainty semakin sulit di prediksi, Complexity : harus mempertimbangkan banyak hal dalam pengambilan keputusan dan harus mampu multitasking dan Ambiguity, peraturan atau kebijakan yang menimbulkan multi tafsir, meskipun hal ini dikatakan sebagai prediksi situasi business dimasa depan namun pada kenyataannya semua ini sudah semakin di rasakan terjadi pada saat ini.

Kondisi business seperti inilah yang menjadi tantangan para leaders dan manajer bagaimana mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan yang begitu cepat, menyikapi situasi ini tentu membutuhkan peningkatkan kompetensi yang sesuai, cara memimpin dan beroperasi harus semakin tajam, dukungan kompetensi teknis saja tidak cukup diperlukan peningkatan kompetensi soft skill lain untuk mewujudkan harapan menjadi kenyataan.

Pada pelatihan leadership ini dirancang bukan saja untuk meningkatkan kemampuan sebagai pemimpin lebih dari itu adalah kemampuan untuk menggunakan tool kepemimpinan seperti Change management, trend saat ini dalam pelatihan kepemimpinan adalah program dicustomized sesuai dengan kondisi riel yang dihadapi perusahaan dan dilengkapi dengan sub kompetensi lain yang menunjang perilaku kepemimpinan.

Kompetensi soft skill sangat diperlukan oleh manajer, semakin tinggi posisi peran soft skill justru semakin meningkat, pada dasarnya kompetensi soft skill ini dapat di kelompokan menjadi tiga bagian besar atau cluster, yaitu : How to lead, manage and behave, bagaimana melakukan tugas kepemimpinan, melakukan pengelolaan sumber daya dan menunjukan perilaku kepemimpinan efektif.

pelatihan-leadership

Setiap cluster kompetensi soft skill terdiri dari dari berbagai sub modul, salah satunya dalam leadership dibutuhkan kemampuan untuk melakukan Change management, pemilihan sub modul ini berdasar pada analisa kebutuhan atau dengan melakukan training need analysis, pada banyak perusahaan dilakukan metode kompetensi asessment untuk mengetahui gap kompetensi dan strategi pengembangannya.

 

Change management sebagai tools kepemimpinan

Tujuan dari pelatihan Leadership dengan fokus pada change management pada dasarnya adalah untuk mempersiapkan manajer sebagai leaders yang mampu membawa perubahan, change management lebih pada pengelolaan perubahan dengan menerapkan rencana tindakan yang terintegrasi dan terstrukstur.

Pada pelatihan leadership ini secara tidak langsung, para peserta dibentuk mindsetnya sebagai agent of change, artinya orang dalam perusahaan yang berfungsi sebagai katalis proses perubahan, banyak kejadian change agent tidak berfungsi sebagaimana seharusnya, hal ini disebabkan terutama karena pemilihan candidate agent of change yang tidak tepat, mereka dipilih tidak harus karena kedudukan atau pemegang jabatan, bisa juga informal leader pada kelompoknya, pemilihan juga harus melalui seleksi berdasar kriteria umumnya yang cocok sebagai agent of change ini bertipe D atau I dalam tipologi DISC.

Sukses seorang agent of change juga di tentukan oleh program pemberdayaan untuk meningkatkan kompetensi, jadi tidak seperti pada kebanyakan organisasi hanya ditunjuk atau diperintah dengan selembar kertas SK, tanpa disiapkan dengan program pengembangan yang memadai, salah satu sub modulnya antara lain adalah Change management ini.

 

8 langkah melakukan perubahan

Ada banyak pendekatan untuk melakukan proses perubahan, salah satu yang paling banyak digunakan adalah metode 8 step yang dirumuskan oleh Guru Change management John Kotter, pengalaman kami juga senada dengan langkah ini, berikut adalah kedelapan step change management :

change-management-john-kotter

Langkah 1 : Membuat alasan perubahan yang kuat dan jelas, dalam pengalaman kami melakukan transformasi di berbagai organisasi ini adalah langkah yang paling penting, perlu dilakukan kajian secara mendalam berbagai faktor perubahan baik dari internal maupun external, kemudian dirumuskan alasan apa saja yang mengharuskan perusahaan melakukan perubahan.

Dengan pendekatan NLP, Alasan untuk melakukan perubahan dilakukan dengan tool Cartesian Coordinate, outputnya adalah sekumpulan fakta yang menjadi dasar mengapa perusahaan harus berubah, mempertimbangan bagian tersulit dalam perubahan adalah faktor people maka semua alasan mendasar ini harus dapat di sajikan secara rasional dan emosional, kemudian agent of change ini dilatih skillĀ komunikasi persuasif untuk mampu menyampaikannya kepada semua level dalam organisasi.

Langkah ke 2 : Mendapat dukungan dari stake holder, terutama manajemen tingkat atas, pengalaman kami hal ini dilakukan secara informal terlebih dahulu untuk menyamakan frame of mind dan kemudian diikuti dengan penyajian proyek bisnis transformasi secara lengkap.

Biasanya pada tahap ini kami lakukan adalah “create compelling story” mulai dari analisis situasi makro dan micro economy, SWOT atau TOWS analisis, benchmark success story, identifikasi key sukses faktor, dan key strategi, termasuk dampak financial sebagai tujuan akhirnya.

Langkah ke 3 : Bila perlu dilakukan perubahan strategic direction, melalui focus group discussion di level direksi dan ring satu, dirumuskan dan di amini bersama Visi, Misi dan Core values bila diperlukan penyesuaian. kemudian disiapkan tools untuk operasionalisasinya agar tidak hanya berhenti sebagai jargon.

Langkah ke 4 : Menyiapkan agent of change dengan program dukungan seperti peningkatan kemampuan yang diperlukan agar efektif dalam melakukan misinya. Dimulai dengan membuat kriteria agent of change, assessment, kompetensi gap analisis, program development dan monev (monitor evaluasi).

Langkah ke 5 : Identifikasi cakupan perubahan mulai dari sistem, struktur, jumlah staff, skill atau core competency yang diperlukan, termasuk hambatan dan masalah yang ada, masing-masing di buat project management tersendiri dan dipantau secara ketat proses implementasinya dengan menggunakan tools berbasis digital sehingga akurat, up to date dan terintegrasi.

Langkah ke 6 : Salah satu faktor penting dalam perubahan adalah Komunikasi agar anggota organisasi tahu perkembangan dan setiap pencapaian antara atau surrogate end point / leading indikator penting di apresiasi dengan merayakan bersama, agar moral dan semangat melakukan perubahan terus terjaga.

Langkah ke 7 : Jaga dan terus tingkatkan momentum perubahan, salah satu cara misalnya dengan membuat success create another success, apapun keberhasilan, dukungan, kunjungan top manajemen dapat dijadikan momen untuk menjaga semangat, makan bersama, tim building, membentuk fasilitator club adalah beberapa diantara ide kreatif yang dapat dilakukan dengan biaya yang murah namun memiliki dampak yang besar.

Langkah ke 8 : Bagian ini sering dilupakan, seluruh proses perubahan pada dasarnya adalah memperbaiki kinerja diberbagai fungsi, untuk meningkatkan kinerja tentu dibutuhan peningkatan kompetensi, untuk mengimplementasi proyek tentu perilaku harus sejalan dengan core values, artinya semua proses ini di integrasikan melalui sistem Human Resources, PMS, Talent management, Training & development dan termasuk Reward & recognition sistem.

 

Suasana pelatihan leadership yang kami lakukan dengan metode NLP, Serius tapi santai, fun tidak hanya melulu materi slide namun dengan ice breaking dan simulasi dan pelibatan peserta :

pelatihan-kepemimpinan

pelatihan-kepemimpinan

pelatihan-kepemimpinan

 

Topik leadership lainnya yang telah kami lakukan sebagai inspirasi yang menggelitik dapat anda ikuti di artikel di bawah ini :

Pelatihan leadership dan soft skill di hotel Mercure Ancol Jakarta Utara

Training kepemimpinan dan Coaching di Park hotel Cawang Jakarta Timur

Training Kepemimpinan efektif di Hotel Ciputra – Jakarta barat

Pelatihan kepemimpinan dan soft skill di Hotel Shangri-la Jakarta pusat

Pendekatan Triple P dalam pelatihan pelayanan pelanggan

Pelatihan Revolusi Mental – Mengubah jargon menjadi tindakan

 

Bagaimana menghubungi kami : WA 0811-191-3355, 08151-4894-676. atau lihat video clip dengan mengklik link di bawah ini :

Pelatihan dan pengembangan SDM